Monday, December 30, 2013

Mesin L4 atau Lurus Segaris dengan 4 Silinder



Mesin L4 atau lurus segaris dengan 4 silinder, dalam otomotif  khususnya  mobil mesin ini merupakan mesin yang paling sering digunakan di Indonesia bahkan dunia. Karena mesin ini  memiliki konstruksi yang mudah, menghasilkan sedikit getaran, dan efisien.

Toyota Avanza 1.5


Mesin ini mempunyai getaran yang minim dan bisa dibilang mesin ini merupakan mesin paling halus diantara jenis mesin yang yang lainnya, dikarenakan setiap silindernya bergerak berpasangan, ketika satu pasang piston bergerak ke atas, satu pasang piston lagi bergerak ke bawah. Semakin besar cc (kapasitas) mesin getaran mesin yang dihasilkan lebih besar, jadi mobil ini idealnya untuk mesin yang berkapasitas 2,400cc kebawah. "Contoh umum saja, coba rasakan bedanya naik angkot pada Suzuki Carry 1.0 yang bermesin L3 dan Suzuki Carry 1.5 yang bermesin L4"

Lalu efisien, efisien dalam harga mobil yang menggunakannya, serta efisien dalam konsumsi BBM. Biasanya jenis mobil yang menggunakannya adalah mobil jenis city car, mpv, sedan kecil dan hatchback. Yang sering menggunakan kapasitas mesin yang kecil. Dan baru baru ini program LCGC (Low Cost Green Car) yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kebanyakan Mobil LCGC menggunakan mesin L4 dengan kapasitas antara 1000cc sampai 1500cc, walaupun ada yang menggunakan mesin L3 atau Lurus Segaris dengan 3 Silinder dengan kapasitas dibawah 1000cc.

Mesin L4 juga digunakan pada mobil sport dengan harga yang lebih murah namun performanya tetap tinggi dengan mendesain ulang mesin dan menggunakan Turbocharger atau Supercharger. Dengan contoh Mitsubishi Lancer Evolution, Subaru WRX STI merupakan sport sedan yang meggunakan Turbocharger yang dapat mengasilkan tenaga hingga 400 tenaga kuda. Lalu ada Lotus Exige dengan menggunakan Supercharger pada mesin kecilnya 1800cc, dapat menghasilkan 179-190 tenaga kuda.

Mobil mewah pun juga menggunakannya, karena halus dan rendah getaran. Seperti Lexus, Mercedes-Benz, BMW, Audi dan masih banyak.


1 comment: