Friday, April 18, 2014

Mobil Nasional



Mobil Nasional yang saya ketahui yaitu, industri mobil yang komponen, mesin, perakitan semua berada di Indonesia. Mobil nasional biasa disebut oleh masyarakat yaitu "Mobnas" yang berasal dari singkatan kata Mobil nasional.
Timor S515

Sejarah awal mobil nasional brawal dari tahun 1970-an, dimana permintaan masyarakat akan mobil yang sudah tinggi dan perekonomian yang sudah berangsur membaik. Pemerintah pun mengambil langkah yang dimana menghasilkan suatu kebijakan untuk memproduksi mobil masal untuk memenuhi kebutuhan mobil dalan negeri.

Toyota Kijang

Mobil legendaris dan ikon mobil indonesia ini pertamakali di perkenalkan pada l9 Juni 1975 dalam event Pekan Raya Jakarta 1975, mobil ini disebut orang dengan nama "Mobil Doyok" sebutan yang diambil dari sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian Pos Kota. Mobil ini walaupun merek Toyota,  yang berasal dari Jepang tapi, jangan kira kalo mobil ini diimpor dari jepang atau kompnen dari jepang.... Pembuatan dan perakitan mobil ini semuanya dilakukan di Indonesia, Komponen bodi dan mesinnya semuanya berasal dari Indonesia.

Sejak tahun 1975 dan saat ini merupakan salah satu model Toyota yang sukses secara komersial sampai sekarang. Sehingga berbagai varian dan generasi mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.

Maleo

Mobil Maleo ini mobil yang masih dalam bentuk blue print atau prototype. Dikomandokan oleh BJ Habibie yang di harapkan segera meluncur pada tahun 1996 dengan harga yang terjangkanu yaitu Rp.30juta pada hari itu. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy Suharto anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.

Timor

Timor merupakan mobil nasional yang paling terkenal diantara mobil nasional yang pernah ada, diluncurkan pada pertengahan tahun 1990-an. Mobil ini sebenarnya mobil asal korea yaitu kia sephia yang di nasionalisasikan oleh putra mantan presiden yaitu Tommy Suharto. Dengan mengusung mesin DOHC dan SOHC berkapasitas 1500 cc. Bahkan pada media cetak harian Jakarta pada waktu peluncuran mengutip artikel yang berjudul "Timor, harga haahh.. fasilitas waahh..." Ya... karena mobil ini setahu saya sama dengan harga Rp120juta mobil sedan sekelas dan sejamannya, Wow..!! mungkin sekarang sekitar 250 jutaan.... Mobil Timor model S515i ini sebenarnya sudah di prediksikan penerus generasinya, yaitu mobil Timor S2, tapi sayang saat kekuasaan Presiden Suharto jatuh pada tahun 1998 saat Indonesia mengalami krisis moneter, Mobil Nasional ini gulung tikar alias bankrut.

Mobi Timor saat ini masih banyak berlalu-lalang di jalan raya, orang-orang memilih mobil ini karena perawatannya mudah, harga pasaran stabil, suku cadang banyak dan murah, serta enak dibawa keluar kota dan jarang kena masalah, lalu irit pula....


Texmaco Macan

MACAN adalah Kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco. Dalam mengeluarkan mobil ini PT. Texmaco menggandeng Mercedes Benz, tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco bangkrut karena krisis moneter pada 1997-1998.
yahh... begitulah... Bukan cuma KIA atau Hyundai, Mercedes-Benz pun ikut digandeng...

Esemka


Esemka adalah produk mobil hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerja sama dengan institusi dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal (dalam negeri) berkisar antara 50%-90%.


Beberapa tahun belakangan ini tepatnya pada tahun 2010 ke atas, dunia otomotif di hebohkan oleh meluncurnya mobil dalam negeri, yang merupakan hasil dari tangan siswa SMK dan dirakitnya pula di sekolah mereka sendiri. Dengan bekal Joko Widodo Wali kota Surakarta sebagai tokoh iklannya. Esemka dapat dilihat oleh publik sebagai penerus Mobil Nasional.

Mobil Esemka menghasilkan beberapa model diantaranya :


  • Esemka Rajawali R2
  • Esemka Rajawali
  • Esemka Digjaya
  • Esemka Bima
  • Esemka Surya
  • Esemka Hatcback
  • Esemka Zhangaro
  • Esemka Patua
Semua model mobil ini, dirakit oleh SMK yang berbeda-beda, seperti mesin, bodi, sasis dan lain-lain. Harga yang ditawarkan pun lebih murah jika diandingkan harga pasaran mobil impor. berkisar harga 50-150 jutaab, tergantung model, jenis kendaraaan, dan mesin.

Sebenarnya masih banyak mobil nasional yang belum dibahas, seperti kancil, Gea, komodo, tawon dan lain-lain.

Semoga negara kita mempunyai mobil nasional dan jika sudah resmi ada di pertahankan untuk masa depan. Tidak hanya memproduksi untuk Indonesia saja, tetapi hingga keluar negeri, dan agar masyarakat mendapatkan mobil yang murah tetapi keamanan, kenyamanan terjaga dan awet...pastinya... -_- biar kita tidak menyusahkan rakyat akan mobil impor yang digerogoti oleh pajak yang besar.

"Kalo buatan sendiri bisa? kenapa masih milih yang orang lain?"










1 comment:

  1. postingan yang bagus..
    nah menurut sembara sendiri mobil nasional dengan kualitas terbaik itu apa? yang mana? :)

    ReplyDelete